Press "Enter" to skip to content

Belanja Online, Ini Tips Aman Yang Perlu Diperhatikan

0

Belanja online yang serba cepat dan gampang untuk dilakukan dengan hanya bermodal gadget memang menjadi salah satu faktor araknya online shop yang berkembang saat ini.Hal ini membawa dampak yang besar bagi semua orang, baik penjual maupun pembeli.  Besarnya minat masyarakat dengan sistem berbelanja melalui internet ini memang dimanfaatkan oleh penjual untuk beralih ke penjualan online. Selain jangkauan pasarnya yang lebih besar, juga tingkat kerugian bisa diminimalisir. Terlebih untuk para penjual dengan budget yang masih minim.

belanja online 6

Tapi setiap kemajuan pasti juga ada resiko yang mengiringi di belakangnya. Pasalnya, sistem belanja online memang cukup rawan dan seringkali dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggungjawab, seperti penjual abal-abal. Kemajuan teknologi yang ada dan tingginya minat masyarakat terhadap belanja olshop atau online shoping menjadi sebuah peluang besar bagi para scammer atau penipu. Maka dari itu, sebagai pembeli harus ekstra waspada ketika memutuskan untuk membeli sebuah produk secara online. Khususnya terhadap olshop yang masih baru dan menawarkan harga yang tidak masuk akal. Bukankah sesuatu yang ditawarkan dengan harga tidak wajar perlu dicurigai? Untuk itu, penting bagi pencinta belanja di olshop untuk melakukan riset harga produk sebelum membeli, terutama barang-barang yang terkenal mahal dan bermerek.

Tips aman berbelanja di internet yang perlu diterapkan antara lain ; memeriksa rating toko yang dapat dilakukan dengan melihat testimoni dari pembeli sebelumnya (jika belum ada testimoni dan toko masih baru sebaiknya berhati-hati), lihat semua sosial media yang dimiliki oleh toko tersebut (Toko-toko besar biasanya memiliki web, instagram, facebook, dan lain sebagainya), transaksi menggunakan rekening bersama atau rekber (Cara ini terbukti efektif untuk menghindari penipuan online), dan yang terakhir adalah sebaiknya belanja di marketplace atau pasar online. Dengan belanja di marketplace, maka tingkat keamanan belanja akan lebih terjamin. Sebab marketplace dinaungi oleh sebuah sistem besar yang terorganisir. Jika terjadi penipuan online, maka pemilik marketplace akan menjadi orang ketiga yang bertanggungjawab. Dengan belanja melalui maketplace, Anda bisa complain jika merasa dicurangi oleh penjual (tergantung kebijakan masng-masing marketplace). Hal ini perlu menjadi fokus Anda saat belanja online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *