Press "Enter" to skip to content

Belanja Online, Ini Resiko Yang Perlu Diperhatikan

0

Belanja online selain memiliki banyak kelebihan baik bagi penjual maupun pembeli, nyatanya juga memiliki kekurangan yang membuat kedua pihak merasa kurang nyaman. Layaknya belanja secara offline, berbelanja di online shop juga resiko yang cukup besar. Terutama dengan munculnya pihak penjual abal-abal yang tujuan utamanya memang untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dengan cara menipu. Kecanduan masyarakat belanja di online shop menjadi celah bagi para penipu untuk melancarkan aksinya. Antara lain adalah online shop yang datang tiba-tiba melalui kontak BBM dan menawarkan produk dengan harga yang sangat tidak masuk akal. Biasanya yang dijual adalah produk elektronik.

belanja online 5

Mungkin Anda pernah mendengar cerita teman atau saudara yang mengalami penipuan saat transaksi belanja online, atau mungkin kejadian ini pernah menimpa diri Anda pribadi. Banyaknya penipuan yang dilakukan secara online seharusnya menjadi pelajaran untuk semua orang. Karena masyarakat memiliki kebiasaan yang cenderung lupa diri jika ditawari dengan produk bagus tapi harganya sangat murah. Kebiasaan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para oknum nakal. Belanja online melalui dunia maya memang sangat menyenangkan, namun jangan mudah tergiur dengan tawaran barang-barang branded yang harganya di bawah angka normal. Apalagi jika toko tersebut hanya menawarkan melalui media sosial. Solusi untuk menanggulangi hal ini agar tidak terjadi adalah dengan berbelanja melalui web resmi atau marketplace yang sudah terbukti aman dan terpercaya.

Selain itu, resiko terjadinya main curang dalam sistem onlinejuga dapat ditekan jika setiap orang dapat mengambil pelajaran dari maraknya penipuan online. Dan juga lebih berhati-hati dalam memilih olshop. Ada baiknya untuk berbelanja di olshop yang telah direkomendasikan oleh orang terdekat atau olshop yang selalu mendapat testimoni positif dari customer nya (bisa di check di halaman olshop tersebut). Namun hal-hal negatif yang ada di dalam siklus penjualan online tersebut tidak seharusnya menyurutkan minat Anda dalam berbelanja melalui internet, hanya karena ada segelintir pihak yang nakal. Sebab masih banyak olshop yang jujur dalam berdagang. Dengan tetap berhati-hati, maka hal tersebut tidak akan menimpa para pencinta belanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *